Friday, March 6, 2009

Pilihan Hidup


Orang-orang yang berhasil dalam hidupnya keseharian menumbuhkan kebiasaan untuk mencapai apa yang diinginkan. Kebiasaan adalah pola perilaku yang terdiri dari tiga komponen yang meliputi: pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Kebiasaan merupakan hasil proses belajar, bukan bawaan yang diturunkan. Kita tidak perlu menjadi korban dari keadaan sekitar atau latar belakang pendidikan kita. Sebagai manusia, kita bertanggung jawab atas hidup kita sendiri.

Manusia memiliki kesadaran diri, imajinasi, suara hati, dan kehendak bebas. Tingkah laku merupakan hasil dari keputusan pribadinya. Kita harus bergerak dengan nilai-nilai yang sudah kita pikirkan secara cermat, seleksi, dan hayati. Untuk menjadi manusia bermutu perlu: mengenal, menerima, mengampuni, menjadi, menguasai, menghargai, mengembangkan diri, dan membagi diri sendiri bagi sesama.

Penghalang perkembangan mutu hidup adalah: egoisme, kesombongan diri ( menganggap diri paling benar), kepicikan budi (menilai diri paling baik), dan kekerdilan hati yang mengurung diri. (harga diri rendah, melihat diri serba negatif, tidak menerima apa adanya, risau mengenai penilaian orang terhadap dirinya, mencari pengakuan dan penerimaan orang lain, serta ketakutan). Bagaimana kita akan menyikapi penghalang-penghalang itu?

Banyak kesulitan kita yang sebenarnya buatan kita sendiri, walaupun mungkin kita sulit menerimanya. Kita menghadapkan diri dengan kesulitan yang potensial dengan memilih untuk berada di suatu tempat tertentu, dan kalu akibatnya kita mendapat kesulitan, kemudian kita dipenuhi dengan rasa belas kasihan kepada diri sendiri. Itu semua bisa dihindarkan kalau kita membuat pilihan yang berbeda. Apa pilihan hidup anda sekarang?

No comments:

Post a Comment